Kamis, 19 Maret 2015

Cara Restraint Primata



restrain adalah terapi dengan menggunakan alat-alat mekanik atau manual untuk membatasi mobilitas fisik klien. dalam ulasan kali ini akan di bahas bagaimana cara untuk restrain salah satu dari hewan liar yaitu primata secara umum. Primata merupakan hewan liar yang cukup berbahaya karena selain dapat melukai dengan gigitan dan cakaran, hewan ini dapat mengakibatkan zoonosis pada manusia. Namun sebagai dokter hewan, terkhususnya yang berkecimbug dibidang satwa liar kita harus mengetahui bagaimana cara-cara dari merestrain hewan ini. yang terutama harus dimiliki dalam merestrain primata adalah keberanian, kecepatan kekuatan dan ketangkasan, serta restu dari tuhan.
Hal pertama yang harus di perhatikan adalah memproteksi diri sendiri dengan alat seperti masker dan  sarung tangan. 
Untuk primata kecil dan lambat seperti kukang dapat menggunakan jaring. karena ukurannya yang kecil primata jenis ini sangat mudah untuk direstrain.
Untuk primata agak besar dengan berat kurang dari 15kg seperti monyet ekor panjang dapat direstrain dengan cara memegang kedua tangan monyet kebelakang leher untuk menghindari cakaran dan gigtan. 
Untuk primata besar seperti kera cara restrainnya adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti obat sedative dan obat bius.
Sekian penjelasan dari saya, terima kasih telah membaca. Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak yang semestinya. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Serangan yang perlu diwaspadai selain gigitan dan cakaran?

    BalasHapus